Selasa, 29 Oktober 2019

Manfaat Kandungan Nutribrain pada Frisian Flag Junio Terhadap Generasi Alpha

Sadar ga sih kalo kehadiran teknologi, serta arus informasi yang kian deras membuat orangtua milenial menghadapi tantangan yang berbeda dengan generasi sebelumnya, khususnya dalam mendukung tumbuh kembang anak. Lahir di era globalisasi, generasi yang disebut generasi alpha ini dihadapkan dengan berbagai pilihan, termasuk minat yang beragam.

Minat pada anak dapat mulai dikenali sejak periode usia emas (1-5 tahun). Namun untuk mendukung potensi dan minat anak ini, penting bagi orangtua untuk juga melengkapi kebutuhan dasar anak berupa pemenuhan nutrisi yang baik dan seimbang.

Pada Kamis, 24 Oktober 2019 saya menghadiri sharing session yang diselenggarakan oleh Frisian Flag terkit seberapa pentingnya memperhatikan makanan dan minuman apa saja yang dicerna anak pada periode emasnya.



Pentingnya Protein Hewani pada Periode Emas Anak

Pemenuhan gizi di masa awal kehidupan merupakan masa krusial yang berlangsung sangat pendek dan tidak dapat terulang kembali. Asupan yang sehat dan seimbang pada periode ini akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan fisik dan otak anak yang optimal di masa depan.

Komposisi pemenuhan gizi pada anak di usia pertumbuhan tentu berbeda dengan pemenuhan gizi orang dewasa. Salah satu asupan yang penting pada periode ini adalah protein hewani, karena asam amino yang berasal dari protein hewani lebih lengkap untuk pertumbuhan tulang dan juga kecerdasan anak.

Pentingnya pemenuhan gizi, utamanya protein hewani pada periode emas anak juga ditegaskan oleh Dokter Anak Spesialis Nutrisi dan Penyakit Metabolik pada Anak, Prof.Dr.dr. Damayanti Rusli Sjarif, SpA(K). "Masa awal kehidupan menjadi periode krusial dalam perkembangan anak dimana otak anak berkembang dengan pesat.


Anak dengan berat badan <10 kg, sebanyak 50-60% energi yang ada dipakai untuk perkembangan otak. Bila asupan gizinya kurang, maka otak pula yang akan dikorbankan terlebih dahulu. Dampaknya, jika pada periode ini asupan gizi tidak terpenuhi dengan baik, fungsi kognitif akan terganggu, begitupun sistem pembakaran lemak.

Selain memenuhi kebutuhan ASI, penting bagi orangtua untuk melengkapi kebutuhan gizi seimbang anak, utamanya dengan karbohidrat, lemak dan protein hewani. Protein hewani menjadi penting karena kandungan asam amino esensial terlengkap yang terkandung di dalamnya berperan dalam membantu pertumbuhan dan kecerdasan otak anak. Sumber protein hewani terbaik dapat ditemukan pada susu, daging, telur, unggas, dan ikan.

"Perlu diingat, asupan protein pun perlu didukung asupan bergizi lainnya. Selain protein, anak juga perlu energi, karbohidrat, lemak, dan nutrisi mikro lainnya seperti vitamin dan mineral." Tutup Prof. Damayanti

Frisian Flag Meluncurkan Frisian Flag Junio

Selain pemaparan tentang pentingnya protein hewani pada periode emas anak, saya juga ikut menyaksikan peluncuran produk susu siap minum terbaru dari Frisian Flag, yaitu Frisian Flag Junio. Memenuhi kebutuhan nutrisi di masa pertumbuhan emas, inovasi terbaru dari FFI ini menghadirkan manfaat susu sapi yang mengandung asam amino esensial, serta komponen "nutribrain" berupa 9 vitamin, 6 mineral, omega 3 dan omega 6 - serta komposisi rendah gula. Frisian Flag Junio hadir dalam empat pilihan rasa yang disukai anak; plain, cokelat, stroberi, dan pisang.




Selain pertumbuhan fisik dan kognitif, di usia emas, anak juga mulai menunjukan rasa ingin tahu dan minat terhadap sesuatu. Psikolog klinis anak, Kantiana Taslim menyampaikan bahwa minat seorang anak dimulai dari perasaan penasaran atau curiosity yang mendorong anak untuk berekspolorasi. Minat juga merupakan aspek penting dalam hubungan antara orangtua dan anak.

Sebagai orangtua, memberikan respon yang antusias akan membuat anak bersemangat untuk lebih mencari tahu dan mengeksplorasi banyak hal. Namun perlu diingat, anak-anak generasi alpha ini tumbuh secara berbeda dari orangtua mereka, sehingga pendekatan yang dilakukan pun perlu disesuaikan dengan kondisi yang ada. Terkait peran orangtua dalam memaksimalkan minat dan potensi generasi alpha, berikut 4 langkah yang perlu diperhatikan :

1. Penuhi kebutuhan nutrisi harian, khususnya yang berperan dalam pembentukan otak anak
2. Berikan stimulus melalui berbagai macam aktivitas, namun jangan memaksakan minat orangtua pada anak. Biarkan anak berproses menemukan minatnya sendiri
3. Mengajarkan optimisme dengan menstimulasi dan mendorong anak untuk terus mencoba
4. Memberikan apresiasi terhadap usaha anak untuk meningkatkan motivasi dan hindari penilaian atau judgment

"Untuk membantu anak meraih minat dan potensi terbaik mereka, penting bagi orangtua untuk menempatkan diri sebagai pembimbing dan pendukung yang membantu menstimulasi proses eksplorasi minat anak. Nutris makro dan mikro yang terkandung dalam Frisian Flag Junio berperan penting dalam mendukung pertumbuhan, aktivitas harian, dan proses eksplorasi anak. Kehadiran produk ini sekaligus menjadi wujud komitment FFI yang mengusung visi 'Nourishing by Nature' melalui ketersediaan gizi berkualitas bagi keluarga Indonesia. 

Kami percaya, dengan terus memberikan asupan nutrisi berkualitas, membuka kesempatan bagi anak untuk tumbuh dengan minat yang berbeda, serta menanamkan nilai-nilai penting dan mendasar pada anak sejak dini - generasi ini akan tumbuh menjadi generasi yang berkualitas, kompetitif, dan siap menghadapi berbagai peluang dan tantangan yang akan mereka hadapi di masa datang." Tegas Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia, Andrew F. Saputro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Kal di @kalenaefris