Jumat, 04 Oktober 2019

Tingkatkan Literasi Gizi dan Pembelajaran Gaya Hidup Sehat Sejak Dini Melalui Karakter Zuzhu & Zazha

Susu buat sebagian besar rakyat Indonesia belum menjadi minuman harian. Kita hanya meminumnya saat kita masih bayi, ketika hamil, menyusui, dan ketika tulang kita mulai keropos. Padahal susu memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh, mulai dari kemampuan otak, kesehatan tulang, hingga kesehatan gigi.

Tak hanya untuk orang dewasa, susu juga baik untuk dikonsumsi anak-anak. Selain menunjang masa pertumbuhan badan, kandungan susu dapat merangsang perkembangan otak serta meningkatkan kerja kognitif anak.

Tetapi jika bicara tentang memberi susu ke anak itu agak susah-susah gampang. Selain faktor lidah mereka yang suka atau tidak terhadap susu tersebut, faktor lainnya adalah menarik atau tidaknya susu tersebut. Percuma susu tersebut sudah memiliki rasa yang enak, tetapi tidak menarik mata anak-anak untuk sekedar melirik.

Nah, untuk mengajak anak-anak minum susu dengan cara menyenangkan, Frisian Flag Milky membangun sebuah karakter pahlawan super baru, Zuzhu & Zazha, dengan konsep kampanye yang menarik dan edukatif untuk anak-anak usia 6-12 tahun. 


Karakter Zuzhu & Zazha

pada Senin, 29 September 2019 saya ikut menghadiri launchingnya karakter animasi edukatif Zuzhu dan Zazha di Teater Garuda Taman Mini Indonesia Indah.

Pemilihan karakter Zuzhu dan Zazha merupakan hasil riset yang dilakukan menyesuaikan dengan karakter yang diminati anak-anak, yaitu karakter yang imut dan familiar. Terinspirasi dari tetesan susu yang memiliki banyak manfaat kebaikan, duo karakter ini ada di kemasan baru susu cair Frisian Flag Milky yang hadir dalam dua pilihan ukuran (115 ml & 180 ml) dengan varian rasa cokelat dan stroberi yang disukai anak-anak.

Menciptakan sebuah karakter baru agar bisa dengan cepat disukai oleh anak-anak bukanlah hal yang mudah. Tetapi kehadiran Zuzhu sebagai ikon baru pada kemasan Frisian Flag Milky sudah dipersiapkan cukup matang untuk dikembangkan di masa mendatang. Salah satunya dengan membentuk karakter Zazha yang menjadi teman Zuzhu.

Tidak hanya Zuzhu & Zazha, Frisian Flag juga sudah mempersiapkan karakter pendukung lainnya, yang bisa dikembangkan menjadi cerita dongeng yang nantinya akan dimunculkan dalam bentuk komik ataupun webisode atau kumpulan cerita-cerita pendek yang ditampilkan secara online.


Frisian Flag bahkan sudah menyiapkan frame work untuk mengembangkan tokoh-tokoh ini di masa mendatang, mulai dari komik, webisode, di mana cerita-cerita tersebut bukan hanya sekadar dongeng, tetapi mengandung nilai edukasi tentang gizi dan mengajak anak-anak untuk rajin minum susu. Dan senangnya pada saat saya menghadiri launching Zuzhu & Zazha ini, saya mendapatkan buku komik Zuzhu & Zazha dan menonton seri film pendeknya.

“ Sebagai perusahaan yang secara konsisten menghadirkan inovasi melalui rangkaian produk susu berkualitas dan terjangkau, inovasi dari FFI juga direalisasikan melalui ragam inisiatif yang dihadirkan. Memanfaatkan teknologi dan digitalisasi yang saat ini lekat dengan anak-anak, duo karakter Zuzhu dan Zazha juga hadir dalm bentuk cerita inspiratif pada format cerita bergambar dan dan seri film pendek. Kami berharap kehadiran sosok Zuzhu dan Zazha dapat menjadi alternative konten edukasi menarik bagi anak, guna menanamkan pesan budi sebagai pilihan minuman sehat dan aman, yang mendukung penerapan gaya hidup sehat sejak dini." ujar Head fo Ready to Drink Category Frisian Flag Indonesia, Aliah Shahilah.

Pemanfaatan animasi sebagai media dalam membantu pembentukan karakter anak, juga diamini oleh Psilkolog, Putu Andani, MPsi “Bagaimana menjadi konten yang disukai anak-anak? Karakter animasi dapat menjadi salah satu media untuk mengajarkan dan menanamkan perilaku dengan cara yang menyenangkan, apalagi di era digital seperti saat ini. Karena ketika anak memasui masa middle childhood ( kurang lebih usia 6-12 tahun) faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter anak semakin meluas, bukan hanya orang tua, teman, guru namun konten atau hiburan yang dikonsumsi juga sangat mempengaruhi. Pada kenyataannya, anak-anak menghabiskan raat-rata 2-3 jam perhari untuk menonton konten digital, baik di televisi maupun di website internet lainnya.

Untuk membantu anak menginternalilsasi karakter positif yang terdapat pada konten animasi seperti kejujuran, empati, optimis, ramah, ceria, inovatif, dan sebagainya yang dibutuhkan pendampingan intens dari orang tua, serta tentunya pemenuhan nutrisi harian yang bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan otak anak. Ditambahkan Putu, “ Ketika mendampingi anak menonton konten animasi, orang tua wajib mengetahui alur cerita dan sifat dari setiap karakter secara baik, sehingga tetap ada pengawasan, sekaligus menjadi momen diskusi yang mengalir dan interaktif bersama anak.”


Animator Indonesia, Bambang Gunawan Santoso turut berbagi pengalaman tentang bagaimana karakter animasi juga dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan dan membiasakan pola hidup sehat pada anak. “ Dari segi visual, paduan warna-warna cerah pada konten animasi dapat dimanfaatkan untuk menarik perhatian anak. Tidak kalah penting, pemilihan alur cerita menjadi nyawa sekaligus kendaraan utama dalam menyampaikan pesan baik yang ingin ditanamkan, agar dapat diterima dengan mudah oleh anak-anak. Langkah ini pula yang dilakukan FFI dalam menciptakan dan mengembangkan karakter dan cerita Zuzhu dan Zazha" ungkap pria yang akrab disapa Mas Bambi ini.

Memperkenalkan karakter Zuzhu dan Zazha kepada lebih banyak anak Indonesia, FFI menjalin kemitraan dengan salah satu jaringan ritel ternama di Indonesia, yaitu Alfamart. “Bersama FFI, kami menggelar aktivitas menggambardan mewarnai yang melibatkan lebih dari 16.000 anak di 16 kota di seluruh Indonesia. Selain itu, kami juga ingin membantu orang tua dalam menghadirkan pilihan asupan dan jajanan yang aman, serta sehat bagi anak-anak, dengan menghadirkan susu cair FRISIAN FLAG Milky yang mengusung karakter Zuzhu dan Zazha dilebih dari 13.000 gerai Alfamart di seluruh Indonesia. Kami berharap inisiatif dan kolaboratif antara Alfamart dan FFI ini dapat membantu meningkatkan gairah dan semangat hidup sehat bagi anak-anak, melalui cara yang menyenangkan.” Terang Senior Marketing Manager Alfamart, Rani Sanjaya.


Aktifitas Menggambar dan Mewarnai Karakter Zuzhu & Zazha

Selain memperkenalkan karakter Zuzhu & Zazha, Frisian Flag bersama Alfamart juga menggelar aktifitas menggambar dan mewarnai Karakter Zuzhu & Zazha, dengan melibatkan banyak peserta dan dilaksanakan di banyak kota.

Kegiatan tersebut bahkan mendapatkan rekor MURI loh. Keren ga sihh?? 😍. Pihak MURI bahkan hadir untuk menyerahkan penghargaan REKOR MURI dengan kategori meggambar dan mewarnai dengan peserta lebih dari 16.000 di 16 kota serentak di seluruh Indonesia.

Duhhh Frisian Flag keren bangett. Semoga dengan adanya karakter Zuzhu & Zazha ini bisa meningkatkan literasi gizi dan pembelajaran gaya hidup sehat sejak dini, melalui tokoh animasi yaaa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Kal di @kalenaefris