Jumat, 10 Juni 2022

Pentingnya Melakukan Financial Check Up Sebelum Investasi

Guys, kalian pasti udah gak asing dengan istilah “Medical Check Up”. Medical check up perlu dilakukan untuk mengetahui bagaimana kondisi kesehatan di tubuh kita. Medical check up dilakukan supaya kita mengetahui berbagai resiko yang ada di tubuh kita dan bisa melakukan tindakan untuk kesehatan di masa depan.


Gak hanya tubuh, kita juga perlu untuk memperhatikan kesehatan finansial dengan melakukan financial check up. Kegiatan pengecekan kondisi keuangan ini seringkali dilakukan oleh orang yang peduli terhadap kondisi finansial mereka, karena adanya risiko masalah keuangan yang mungkin muncul secara tiba-tiba.

Source : pexels.com


Dengan melakukan pengecekan keuangan secara rutin, kita dapat segera memperkirakan masalah apa yang bisa mengancam kondisi keuangan. Dengan begitu kita dapat segera merencanakan tindakan apa yang bisa dilakukan guna mengatasi indikasi masalah keuangan tersebut.


Memiliki gaji yang berlimpah pun tidak serta merta bisa membuat kita  terbebas dari risiko munculnya masalah pada kondisi keuangan. Meski telah memiliki gaji yang besar, ada kemungkinan bahwa cara mengelola keuangan yang dilakukan secara tidak tepat.


Apalagi jika kita sudah memikirkan akan melakukan investasi. Ada banyak jenis investasi yang bisa kita pilih, seperti deposito, saham, emas, reksadana, hingga properti. Keuangan yang sehat akan sangat berperan jika kita akan melakukan investasi tersebut. Saat melakukan financial check up, kita bisa mengetahui jumlah aset yang kita miliki, adakah hutang yang perlu dilunasi, serta ke arah mana pergerakan arus keuangan berjalan saat melakukan financial check up.

Source : pexels.com



Berikut adalah alasan mengapa kita harus membuat financial check up :


  1. Mengetahui Semua Penghasilan dan Pengeluaran

Sebagian dari kita mungkin merasa terbebani dengan banyaknya uang yang harus dibayarkan untuk memenuhi seluruh kebutuhan setiap bulannya. Bahkan suka pusing sendiri karena uang gajian hanya numpang lewat.


Jika hal tersebut saat ini sedang kita rasakan, mungkin salah satu penyebabnya adalah karena tidak pernah melakukan pemeriksaan kondisi keuangan. Financial check up berguna untuk melakukan rekap ulang pada segala jenis pengeluaran serta pemasukan rutin.


Dengan melakukan pengecekan keuangan, kita bisa mengetahui pengeluaran apa sajakah yang berhasil membuat penghasilan habis terkuras. Hal ini tentu dapat memberikan informasi penting tentang bagaimana seharusnya mengatur keuangan dengan lebih baik.

Source : pexels.com


  1. Lebih Handal Dalam Mengendalikan Keuangan

Dengan mengetahui seluruh pengeluaran, kita bisa dengan mudah memperkirakan nominal uang yang harus dibayarkan untuk memenuhi kebutuhan selama satu bulan. Hal ini membuat kita lebih memahami dengan kondisi keuangan dan bisa menjadi pengelola keuangan yang lebih handal.


Jika saat melakukan financial check up kita merasa pengeluaran terlalu banyak dan dapat mengancam kondisi keuangan, kita dapat dengan segera mencari cara terbaik agar pengeluaran bisa dikurangi. Kita bisa memeriksa ulang dan menghilangkan pengeluaran yang sepertinya kurang penting agar kondisi keuangan tetap terjaga.


Enggak jarang juga pengurangan pada jumlah kebutuhan yang dilakukan malah berimbas positif pada kondisi keuangan. Alhasil, keuangan akan memiliki surplus yang bisa dipergunakan pada hal-hal yang jauh lebih penting guna menambah penghasilan maupun untuk tabungan di masa mendatang.


Kelebihan uang tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk memulai investasi jika memang memungkinkan. Jadi, saat secara rutin melakukan pengecekan kondisi keuangan, secara tidak langsung akan membuat kita menjadi pengelola keuangan yang lebih baik karena dapat mengontrol jumlah penghasilan dan pengeluaran.


Source : pexels.com



  1. Merencanakan Kehidupan di Masa Depan

Setelah mengetahui jumlah penghasilan serta pengeluaran, kita akan menjadi lebih handal dalam mengontrol keuangan. Kita juga akan memperoleh gambaran seberapa besar kemampuan untuk dapat mengelola serta menyisihkan sisa penghasilan.


Melakukan financial check up dapat membantu untuk mempersiapkan kemampuan finansial di masa depan. Kita akan menyadari bahwa hal ini penting untuk dilakukan guna merencanakan kehidupan selanjutnya.


Perlu dipahami juga saat mengetahui siklus keluar-masuk kekayaan yang dimiliki akan membuat kita bisa memikirkan impian apa yang mungkin bisa dilakukan. Tentu impian tersebut bisa diwujudkan jika siklus keuangan bisa tetap terjaga dengan baik.


Kita bisa juga merencanakan masa depan dengan memiliki perlindungan ketika kita mengalami risiko di kemudian hari. Dengan perlindungan dalam bentuk asuransi, kita dan keluarga bisa menikmati hidup berkualitas bebas dari rasa khawatir. Pas banget, FWD Insurance memiliki produk asuransi kesehatan bernama FWD Critical First Protection. Produk ini memberikan solusi proteksi yang tidak hanya mudah dipahami dan terjangkau preminya, tetapi juga mudah diklaim serta mencakup berbagai kondisi kritis, baik yang disebabkan oleh penyakit maupun kecelakaan. Selain itu, apabila tidak pernah mengajukan klaim, kita gak perlu khawatir karena uang premi dapat kembali 100% diakhir masa asuransi.



Jadi bagaimana kondisi kesehatan keuanganmu saat ini? Sudah sehatkah? Sudah amankah untuk melakukan investasi? Segera lakukan pemeriksaan kesehatan keuangan, jika kita tidak dapat melakukannya sendiri maka bisa menghubungi perencana keuangan profesional yang berada di kota kita masing-masing yaa!



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Kal di @kalenaefris