Senin, 18 April 2022

Women Inspirational Talk Bareng FWD Insurance

Sebagai orang yang suka traveling dan sukaaaa banget mengabadikan perjalanan baik dalam bentuk video atau foto, aku merasakan ada beberapa perbedaan aku yang dulu dan sekarang. Inget bangett saat masih awal-awal bikin konten, aku malu banget saat wajahku harus nongol depan kamera. Padahal nongolin muka doank, enggak harus ngomong di depan kamera.

Namun semakin berjalannya waktu dan berproses, serta didukung oleh lingkungan dunia kreatif yang supportif, dari tahun ke tahun aku udah mulai merasa percaya diri dan enjoy untuk nongol di depan kamera. 


Ngomongin tentang rasa percaya diri ini, beberapa waktu yang lalu aku mengikuti webinar dengan tema Women Inspirational Talk: Merayakan Hidup Penuh Percaya Diri bersama FWD Insurance yang dihadiri oleh beberapa pimpinan perempuan dari FWD Insurance, yaitu Maria Magdalena (Chief Governance Officer dan Direktur Kepatuhan), Desy Widjaya (Chief Financial Officer), Rosidar Suhaid (Chief Bancassurance Officer) dan Widaningrum (Head of Marketing and New Business Mode. 




Tips Perempuan Mandiri Secara Finansial


Ini adalah kesekian kalinya aku mengikuti webinar FWD Insurance yang merupakan pelopor asuransi berbasis digital yang memiliki produk asuransi kesehatan. Enggak hanya mengadakan webinar, FWD Insurance juga meluncurkan kembali program literasi keuangan FWD Community Ladies Talk bersama dengan komunitas bloggers yaitu FWD Blogger Squad. Merasa bersyukur karena tahun ini saya bergabung menjadi FWD Blogger Squad bersama teman-teman blogger lainnya.


Pada webinar kali ini, aku mendapatkan banyak insight terkait literasi finansial. Menurutku literasi finansial ini penting bangett karena sebagai perempuan, kita harus pintar mengelola keuangan supaya finansial tetap sehat.


Widaningrum, FWD Insurance Head of Marketing and New Business Model, memberikan beberapa tips agar perempuan bisa mandiri secara finansial, yaitu :

  • Perempuan harus mampu menyesuaikan pengeluaran dan pemasukan

  • Enggak besar pasak daripada tiang, dengan memastikan pengeluaran harus lebih kecil dibandingkan pemasukan yang didapatkan.

  • Anggarkan pengeluaran, dan dicatat supaya kita bisa memantau arus pengeluaran dan pemasukan setiap bulannya. Ini juga bisa dijadikan acuan untuk evaluasi pengeluaran bulan depan.

  • Melakukan investasi supaya lebih kuat dalam keuangan.

  • Mengalokasikan pendapatan untuk Asuransi Kesehatan atau Asuransi Jiwa. Ini akan menjadi pondasi yang kokoh saat kita tiba-tiba sakit dan membutuhkan biaya yang besar untuk berobat.




The Power Of Setting Intentions


Selain membahas tentang literasi finansial, pada webinar kali ini aku dan teman-teman blogger diajak untuk berfikir lebih tentang kehidupan. Bersama Tsamara Fahrana Putrityas, seorang instruktur meditasi dan yoga kami diminta untuk melakukan meditasi dengan menggunakan metode kombinasi teknik spiritual dan ilmiah.


Dalam meditasi ini kami diminta untuk memejamkan mata, membuka telapak tangan di atas paha lalu meletakkannya di dada. Ini sebagai bukti mencintai diri kita, lalu mengatakan terima kasih pada jiwa dan tubuh yang selama ini bersama kita.


Selain meditasi, aku juga mendapatkan pencerahan bahwa untuk memulai menjadi wanita hebat dengan kemampuan ekonomi financial yang luar biasa, kita juga butuh memiliki niat yang kuat.


Untuk mencapai itu kita harus membuat goals. Siapa disini yang membuat goals tahunan dan menggebu-gebu di awal lalu semangatnya memudar dari bulan ke bulan? lalu dengan mudah terdistraksi dengan hal yang lain? Ini wajar kok guys, yang penting kita harus kuatkan lagi niat kita untuk mecapai goals tersebut.


Tapi gimana ya jika sudah terdistraksi? Jika sudah terdistraksi, kita harus menerima kenyataan, memaafkan diri sendiri, dan mengingat kembali alasan utama kenapa niat itu terbentuk, lalu bangun kembali niat tersebut.


Enggak nyangka bahwa FWD bisa mengadakan sesi seperti ini. Sangat mengharukan dan membuatku tersadar bahwa ada banyak banget hal yang aku miliki namun kurang aku syukuri keberadaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Kal di @kalenaefris