Rabu, 16 Maret 2022

Break The Habit, Break The Bias

Beberapa waktu lalu, tepatnya pada 08 Maret 2022, perempuan di seluruh dunia memperingati International Women’s Day. Peringatan ini dilaksanakan setiap tahun oleh seluruh perempuan di dunia sebagai bentuk kepedulian terhadap  perjuangan perempuan untuk mendapatkan kesetaraan gender.



Walaupun kesetaraan gender sudah digaungkan dimana-mana, namun masih banyak perempuan yang mengalami ketimpangan terkait kesetaraan gender mulai dari bidang sosial, ekonomi, budaya, dan politik. Selama ini, perempuan dari berbagai latar sosial budayanya selalu memiliki bias, stereotip, dan diskriminasi. Akibatnya, kesetaraan gender sulit untuk dicapai.


Pada International Women’s Day beberapa hari yang lalu aku bersama dengan perempuan-perempuan hebat mengikuti Launch Event HERoic 2022 melalui talk show bertajuk “Break the Habit, Break the Bias”.



Kenalan Dengan HERoic Team

HERoic merupakan program pemberdayaan perempuan yang bertujuan untuk membangun self awareness diantara perempuan pekerja seperti aku dan juga para karyawan, serta memupuk kepercayaan diri mereka dalam mengembangkan potensi yang dimiliki. Sehingga goals menjadi sebaik-baik manusia yang bermanfaat bagi orang lain dapat tercapai.


Melalui program yang diinisiasi oleh FWD Insurance Indonesia sebagai bagian dari strategi Diversity and Inclusion ini, perempuan dapat berkontribusi secara optimal pada perusahaan, keluarga, dan juga masyarakat.


Aku senang banget karena menjadi bagian dari HERoic Team karena sampai akhir tahun ini akan mendapatkan banyak insight dari HERoic, mengingat masih sedikitnya program pemberdayaan perempuan yang bisa kita temukan. Akan ada program yang positif seperti pelatihan dan pengembangan, e-learning, mentoring social learning melalui sharing session serta diskusi bersama para pakar pemberdayaan perempuan hingga 8 bulan ke depan.


Tidak hanya dari team internal FWD Insurance, tapi kita juga mendapatkan bekal pemberdayaan perempuan dari pihak-pihak eksternal yang sudah memiliki keahlian dan pengalaman di bidang pemberdayaan perempuan.



Pada launch Event HERoic kali ini aku dan perempuan-perempuan hebat mendapatkan insight dari narasumber-narasumber seperti kak Ligwina Hananto selaku Lead Financial Trainer QM Financial, kang Ronal Surapradja yang termasuk seorang radio announcer, TV host dan entrepreneur serta president direktur dari FWD Insurance pak Anantharaman Sridharan dan Chief Financial Officer, bu Devy Natalia Widjaya.


Selain itu, kami juga dihibur oleh Kak Arina Mocca dengan lagu-lagu yang menyentuh dan suara merdunya.



Break the Habit, Break the Bias

When we invest in girls, we invest in future entrepreneurs, mentors, political leaders, mothers, activists and innovators.” - Unknown


Jaman sekarang, perempuan juga memiliki peran penting di berbagai hal, baik dalam skala rumah tangga hingga skala yang lebih besar. Pada perusahaan, perempuan layak untuk duduk bersanding dengan pria dan mengambil keputusan penting bersama.


Kak Wina menyampaikan bahwa di berbagai perusahaan / instansi masih ada perbedaan tugas dan peran sesuai gender. Perempuan masih memiliki stigma lemah pada berbagai bagian pekerjaan, sehingga perempuan ditempatkan pada posisi yang aman dan risiko pekerjaan yang sedikit. Di satu sisi, perbedaan tugas dan peran ini bisa dianggap sebagai perlindungan terhadap perempuan, namun disisi lain bisa jadi diskriminasi karena sebenarnya perempuan pun bisa melakukannya.


Pada kesempatan ini Kang Ronal juga sharing mengenai kehidupan pendidikan yang diperolehnya dari orang tua dimana tidak ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan dalam keluarganya. Pekerjaan mencuci baju dan memasak tidak harus dilakukan perempuan. Begitu juga pekerjaan membetulkan lampu atau genteng yang bocor yang tidak harus dilakukan laki-laki.


Ini juga stigma yang dihilangkan oleh FWD Insurance. FWD memberi kesempatan bagi perempuan untuk menjadi bagian dan dibuktikan dengan adanya 44% karyawan perempuan yang telah menduduki level Middle Management hingga Senior Management di FWD Insurance. Artinya kesempatan dapat diraih oleh perempuan untuk menjadi future leaders di perusahaan.


Perempuan selalu memiliki banyak peran dalam hidup mereka. Misalnya, perempuan yang bekerja harus mengatur waktu antara bekerja dan di rumah, bahkan biasanya perempuan menjadi “Menteri Keuangan” bagi keluarga mereka.


Untuk mendukung dan melindungi kita jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, jangan lupa untuk memiliki asuransi kesehatan dan asuransi jiwa dari FWD Insurance. Ini akan menjadi penolong finansial jika kesehatan kita terganggu.



"There is no limit to what we, as women, can accomplish.” –Michelle Obama


Ada banyak insight yang aku dapatkan pada launch program HERoic 2022 ini. Sebagai perempuan sudah seharusnya kita untuk melepas belenggu dan membuktikan bahwa stigma negatif terkait perempuan itu tidak benar. Perempuan bisa berdaya dan bisa melakukan banyak hal positif tanpa ada batasan. Break The Habits, Break The Bias!


1 komentar:

  1. Waww Perempuan sekarang hebat2 yaa. Bisa multi tasking pula

    BalasHapus

Follow Kal di @kalenaefris