Senin, 19 September 2022

Merayakan 25 Tahun Perjalanan Laptop Asus ke Luar Angkasa, Kita Intip Laptop Bertemakan Luar Angkasa Ini Yuk!

Mengenang dulu masa kecil, aku sangat mengagumi para astronot dan menjadi tertarik dengan banyak berita tentang antariksa. Beberapa teman-temanku justru ingin menjadi astronot saat guru menanyakan apa cita-cita mereka. Aku suka ngebayangin aja bagaimana mereka bisa hidup diluar angkasa dengan peralatan-peralatan canggih dan keadaan yang jauh berbeda dengan bumi.


Ngomongin tentang luar angkasa, Asus, vendor produk teknologi asal Taiwan baru saja meluncurkan produk Zenbook 14X OLED Space Edition (UX5401ZAS) untuk pasar Indonesia. Laptop  bertema luar angkasa ini dihadirkan secara khusus sebagai perayaan 25 tahun Asus dibawa ke satelit MIR di luar angkasa pada 1998 selama 600 hari.



Produk Laptop Bertemakan Luar Angkasa

Di jaman sekarang dimana teknologi semakin canggih dan mobilitas yang semakin cepat, kita membutuhkan laptop canggih dan mumpuni untuk membantu pekerjaan supaya bisa diselesaikan dengan baik. Mulai dari anak sekolah, pekerja kantoran, designer, gamers, hingga freelance di masa sekarang sangat bergantung dengan device yang satu ini.


Memperingati 25 tahun untuk pertama kalinya laptop Asus ke luar angkasa, Asus mengeluarkan laptop dengan bertemakan luar angkasa dan spesifikasi yang sangat mumpuni dan mampu melakukan aktivitas berat. Aku seneng banget karena pada 15 September 2022 bisa menghadiri peluncuran Zenbook 14X OLED SPACE EDITION di Djakarta Theater XX1.



Laptop ini memiliki berbagai keunikan dan kelebihan yang bisa banget kita jadikan pertimbangan untuk menjadikan laptop ini sebagai device untuk menemani berbagai pekerjaan kita :


Design Laptop yang unik dan elegan 

Saat pertama melihat laptop ini, aku langsung jatuh cinta dengan layarnya yang sudah mengusung teknologi ASUS OLED, dan fitur eksklusif bernama ZenVision. ASUS OLED merupakan teknologi layar laptop terbaik yang dapat membuka cakrawala penggunanya tanpa batas. Dan menariknya layar sentuh Zenbook SPACE EDITION sendiri menggunakan resolusi 4K (16:10) dan telah dilengkapi dengan beragam fitur, teknologi serta inovasi sehingga menghasilkan layar yang mampu menampilkan visual dengan warna yang sangat kaya, akurat, dan tidak merusak kesehatan mata. Dan yang paling aku suka ialah rasio layar pada Zenbook SPACE EDITION ini dapat menghadirkan ruang kerja lebih luas sehingga penggunanya dapat beraktivitas secara lebih produktif.


Nggak sampai disitu saja, ASUS OLED juga sudah dibekali fitur bernama Eye Care. Fitur inilah yang memungkinkan spektrum cahaya biru yang berbahaya untuk mata dikurangi secara drastis tanpa mengorbankan kualitas visual. Inovasi tersebut membuat ASUS OLED dapat mengurangi paparan radiasi sinar biru yang berbahaya untuk kesehatan mata dalam jangka panjang. ASUS OLED juga telah mengantongi sertifikasi dari TÃœV Rheinland untuk low-blue light dan anti-flicker. Zenbook SPACE EDITION tidak hanya tangguh, tetapi juga dapat melindungi kesehatan mata penggunanya.


Laptop ini dibuat menggunakan bahan aluminium yang dibalut oleh warna eksklusif Zero-G Titanium seperti halnya yang digunakan pada desain stasiun luar angkasa serta dilengkapi ukiran kode morse yang memiliki arti khusus. Di balik layarnya terdapat layar OLED monochrome bernama ZenVision. Memiliki ukuran 3.5-inci, ZenVision berfungsi layaknya jendela pada stasiun luar angkasa yang dapat menampilkan animasi eksklusif, status, atau informasi penggunanya.




Packadging dan aksesoris yang spesial

Saat kita membeli laptop ini, Zenbook SPACE EDITION ini akan memberi kita experience berbeda dengan paket penjualan yang istimewa. Kotak penjualannya didesain istimewa dan tetap mengedepankan konsep daur ulang sehingga ramah lingkungan. Pengguna Zenbook SPACE EDITION bahkan dapat memanfaatkan kotak penyimpan charger sebagai penyangga laptop.


Zenbook SPACE EDITION ini juga dilengkapi dengan aksesoris eksklusif seperti ASUS Pen 2.0 untuk memaksimalkan fitur touchscreen-nya dan laptop sleeve dengan desain antariksa yang unik. Pengalaman unboxing Zenbook SPACE EDITION berbeda dengan laptop pada umumnya, yaitu seperti melakukan perjalanan menembus antariksa.


Zenbook SPACE EDITION memiliki teknologi keyboard ASUS ErgoSense. Teknologi keyboard tersebut dirancang khusus agar aktivitas mengetik menjadi lebih nyaman dengan pengalaman seperti menggunakan keyboard PC desktop premium. ASUS ErgoSense memiliki jarak antar tombol yang tepat untuk mengetik, serta tombol yang permukaannya dirancang agar jari dapat menyentuh secara lebih akurat. 


Sebagai pelengkap aksesoris, Zenbook SPACE EDITION dilengkapi dengan berbagai port mulai dari USB 3.2 Gen2 Type-A, HDMI 2.1 TMDS, serta 3.5mm combo audio jack dan microSD card reader. Zenbook SPACE EDITION juga dapat diisi daya baterainya menggunakan charger serta power bank USB Type-C sehingga meningkatkan mobilitasnya.




Sudah dibekali layar OLED monochrome

Yang paling mencolok dan berbeda dengan yang lain yaitu adanya Zenbook SPACE EDITION juga dilengkapi dengan layar OLED monochrome bernama ZenVision. Memiliki ukuran 3,5-inci dan berada di balik layar, ZenVision dapat menampilkan beragam hal seperti status penggunaan, animasi eksklusif, hingga dapat dikustomasi untuk menampilkan informasi pengguna beserta QR code. ZenVision berfungsi sebagai fasilitas untuk mengetahui sosok sang pengguna laptop edisi spesial ini lebih jauh dan membuat Zenbook SPACE EDITION semakin personal.


Zenbook SPACE EDITION sendiri dibalut oleh bodi berbahan aluminium yang tangguh serta ringan. Tidak hanya mengantongi sertifikasi ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 810H), Zenbook SPACE EDITION bahkan menerima sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar US Space System Command (SMC-S-016A). Dalam sertifikasi tersebut dijelaskan salah satunya bahwa Zenbook SPACE EDITION dapat beroperasi di lingkungan pada suhu -24⁰C hingga 61⁰C, serta tahan terhadap guncangan ekstrim berfrekuensi 20 – 2.000Hz .



Memiliki prosesor yang powerful

Selain designnya yang menarik, laptop ini juga dibekali prosesor yang mumpuni yaitu 12th Gen Intel® Core™ H-Series. Berbeda dengan sebagian besar ultrabook lainnya, Zenbook SPACE EDITION mengusung prosesor powerful yang biasanya digunakan di laptop gaming. Varian tertingginya menggunakan prosesor 12th Gen Intel® Core™ i9-12900H yang memiliki konfigurasi 14 core dan 20 thread (6 P-core dan 8 E-core) dengan TDP hingga 45W. Berkat konfigurasi tersebut, Zenbook SPACE EDITION dapat tampil sebagai laptop modern yang powerful untuk berbagai kebutuhan komputasi.


Kita juga nggak perlu khawatir dengan penyimpanan karena Zenbook SPACE EDITION sudah dibekali dengan memori LPDDR5 4800MHz berkapasitas hingga 32GB. Sementara untuk penyimpanan data, Zenbook SPACE EDITION menggunakan PCIe 4.0 SSD berkapasitas 1TB. Kombinasi keduanya memastikan Zenbook SPACE EDITION dapat selalu diandalkan untuk berbagai aktivitas, termasuk multitasking serta menjalankan aplikasi yang membutuhkan performa komputasi ekstra secara lebih gesit tanpa waktu loading yang panjang. Yang kerjanya multitasking rasanya sudah nggak usah khawatir lagi deh.


Main Spec.

Zenbook 14X OLED SPACE EDITION (UX5401ZAS)

CPU

Intel® Core™ i9-12900H Processor 2.5 GHz (up to 5.0 GHz, 6P+8E cores)

Intel® Core™ i7-12700H Processor 2.3 GHz (up to 4.7 GHz, 6P+8E cores)

Operating System

Windows 11 Home

Memory

32GB LPDDR5

16GB LPDDR5

Storage

1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD

Display

14-inch, 4K (3840 x 2400) 16:10, ASUS OLED, 90Hz 0.2ms, 400nits,

DCI-P3 100%, Pantone Validated, VESA HDR True Black

Graphics

Intel® Iris® Xᵉ Graphics

Input/Output

1x HDMI 2.1 TMDS, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display + power delivery, Micro SD card reader

Connectivity

Wi-Fi 6E (802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5

Camera

720p HD camera with electronic privacy shutter

Audio

Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified, Dolby Atmos

Battery

63WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

Dimension

31.12 x 22.11 x 1.59 ~ 1.59 cm

Weight

1.4 Kg

Colors

Zero-G Titanium

Price

Rp26.999.000 (Core i7 / 16GB RAM)

Rp30.999.000 (Core i9 / 32GB RAM)

Warranty

2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty



Harga Zenbook 14X OLED SPACE EDITION

Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki oleh laptop bertema luar angkasa yang satu ini. Zenbook 14X OLED SPACE EDITION dibandrol dengan harga:


Intel® Core™ i7-12700H Processor 2.3 GHz (up to 4.7 GHz, 6P+8E cores) dengan memory 16GB Rp26.999.000

Intel® Core™ i9-12900H Processor 2.5 GHz (up to 5.0 GHz, 6P+8E cores) dengan memory 32GB Rp30.999.000


Harga yang worth dengan fasilitas dan experience yang diberikan bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Kal di @kalenaefris