Senin, 03 Oktober 2022

Press Play to Your Dreams, Life and Good Money Management

Ada yang bilang kalau “Uang bukanlah segalanya” tetapiii segalanya membutuhkan uang. Kamu setuju gak dengan pernyataan tersebut? Dulu aku sedikit kurang setuju dengan pernyataan itu. Tapi sekarang setelah semakin bertambah umur, kesibukan, dan kebutuhan, pernyataan tersebut aku rasa ada benarnya juga guys. Supaya finansial menjadi sehat, penting untuk kita untuk bisa mengelola keuangan dengan bijak.


Namun sebenarnya, apa ya yang bikin kita begitu bersemangatnya mencari uang? 


Aku jadi inget beberapa tahun yang lalu saat berjumpa dengan teman dekat sesama perantau yang sekarang sama-sama bekerja di Jakarta. Dalam perjumpaan kami, kami ngobrol tentang goals jangka pendek maupun jangka panjang. Kalo mengingat itu, aku jadi mengingat kembali goals jangka panjang aku tersebut.


Pas banget beberapa waktu lalu aku abis mengikuti webinar sari FWD Insurance yang bertema “Press play to your dreams, life and good money management.”



Webinar kali ini mengundang orang-orang yang kompeten di bidangnya, yaitu Muara Makarim, a self-love and purpose life coach dan Mada Aryanugraha, seorang financial advisor yang juga co-founder dan CEO dari Sipundi.



Pentingnya menentukan Goals

Gak kerasa ya Tahun 2022 ini sudah menginjak di bulan ke-10. Kalo ngeliat lagi ke goals jangka pendek yang kita buat, kira-kira goals mana saja yang sudah tercapai?


Tahun ini aku memiliki goals jangka pendek yang lumayan banyak, dimana aku bersyukur sudah ada beberapa yang tercapai. Sedangkan untuj goals jangka panjang ada 1 nih yang sekarang lagi on progress banget. Mudah-mudahan bulan depan tercapai dan terlaksana tanpa halangan apapun. Aamiin.


Ngomongin tentang goals gini, menurut kamu perlu gak sih kita punya goals?


Menurutku goals itu penting banget untuk menentukan dan mencatat apa yang kita impikan. Karena dengan adanya goals kita tahu ke arah mana harus melangkah. Goals yang jelas membuat kita terarah dan bisa terfokus pada apa yang ingin kita kejar.


Pada webinar beberapa waktu yang lalu, Muara Makarim membagi goal dalam 3 kelompok, yaitu :

1. Experience

Experience disini mengedepankan pada pengalaman tang ingin kita rasakan, sesuatu yang ingin kita capai dan miliki. Experience gak selalu berupa materi, namun juga bisa pengalaman seperti ingin membeli mobil impian, mengunjungi tempat baru, atau ingin mendapatkan income tambahan.


2. Growth

Seiring berjalannya tahun, kita pasti menginginkan kemajuan dalam hidup mulai dari pertumbuhan karir, pertumbuhan bisnis, hingga ilmu-ilmu baru yang semakin bertambah.


3. Contribution

Pada goals ini, Muara Makarim menjelaskan tentang apa yang bisa kita berikan kepada sesama, untuk sesuatu yang positif. Ini bisa kita lakukan untuk menyeimbangkan dan mensyukuri kehidupan dunia yang sudah kita capai. Muara Makarim mencontohkan dengan berkontribusi membagikan ilmu yang ia dapatkan supaya menginspirasi orang lain.



Mengatur Financial Planning

Semua orang berusaha bekerja keras untuk menghasilkan uang. Namun manakah yang lebih penting, menghasilkan uang atau memanage keuangan?


Financial Planner Mada Arya Nugraha pada webinar beberapa waktu lalu membagi keuangan menjadi dua hal, yaitu Piramida Kenyamanan dan Piramida Keamanan. 


Kita sudah mencapai Piramida kenyamanan jika sudah memiliki tabungan yang cukup, aset, hingga dana hari tua yang sudah ada. Sedangkan Piramida Keamanan yaitu jika kita sudah memiliki perlindungan asuransi, arus kas positif, hingga memiliki dana darurat hingga 12 bulan ke depan.




Untuk mencapai piramida kenyamanan dan piramida keamanan, Masa Arya Nugraha menbagikan strategi yang bisa kita terapkan, yaitu :

  • Membuat anggaran keuangan supaya tidak terjadi pemborosan
  • Membuat cacatan pemasukan dan pengeluaran supaya kita bisa mengevaluasi pemasukan dan pengeluaran kita ke depannya
  • Memiliki dana darurat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan kita. Orang yang masih single dan sudah menikah pasti berbeda nominal dana daruratnya
  • Memiliki asuransi jiwa dan asuransi kesehatan


Dalam mengatur keuangan, asuransi memiliki peranan penting untuk menjaga keuangan tetap stabil, terutama jika terjadi sesuatu yang tidak diharapkan seperti sakit yang bisa menghabiskan banyak uang untuk berobat.


FWD sebagai asuransi terkemuka di Indonesia meluncurkan kampanye #FWDPressPlay yang baru dan menjadi sumber pemberdayaan untuk menikmati merayakan hidup.


Menurutku asuransi memiliki peranan penting, sama pentingnya dengan memiliki tabungan dan investasi. Dengan memiliki asuransi, artinya kita sudah menjaga keuangan kita tetap sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Kal di @kalenaefris