Minggu, 08 Maret 2020

Cinta Hidup Selamanya, Kita Tidak. Ayo Buktikan Cintamu Dengan Orang-orang Terkasih

Guys, siapa disini yang hidupnya dipenuhi segudang cita-cita? Menjadi dokter? Polisi? Atau seperti kids jaman now yang kalo ditanya cita-citanya justru akan jawab "youtuber"? Hihihi semakin meluas aja ya cita-cita anak jaman now, dan sebenernya ga ada yang salah lohh. Justru yang harusnya jadi tanda tanya besar adalah saat orang sama sekali ga punya cita-cita. 

Ngomongin cita-cita, sempat kepikiran ga sih guys sama keluarga ke depannya mau gimana? Apakah cita-cita kita bisa menjembatani harapan kita terhadap keluarga. Kalo aku sih kepengen banget ngajak keluarga ke tanah suci, dan pengen banget mereka ga kerja lagi, karena aku ga tega ngeliat mereka masih harus banting tulang di hari tuanya.


Sebagai anak jujur aja suka kepikiran nanti orangtua aku gimana? Hari tuanya apa akan sehat-sehat terus sehingga bisa merasakan langsung keberhasilan anaknya? Kalo misalnya sakit-sakitan gimana? Apalagi sekarang aja ibu dan ayah udah sering ngeluh sakit. Sebagai anak kok rasanya sedih ya...

Hal inilah yang akhirnya membuat aku mencari tahu tentang asuransi. Inget banget pas pertama-tama kerja aku akhirnya mutusin untuk membuka polis kesehatan di Prudential sebagai bentuk peduli aku terhadap kesehatan. Aku ga mau keluargaku sedih dan pusing dengan pengobatan ketika aku sakit.

Nah beberapa hari yang lalu aku menghadiri event di FX Sudirman dan mendapatkan ilmu baru tentang pentingnya asuransi jiwa, terlebih asuransi jiwa berbasis syariah, asuransi yang menyadarkanku bahwa bentuk cinta itu tidak hanya kita lakukan selagi kita masih hidup, tetapi bisa menjadi bukti peduli dan cinta kita sekalipun kita pergi lebih dahulu meninggalkan orang-orang terkasih. 

Seperti biasa, ilmu-ilmu yang aku dapatkan bakal kurang afdol kalo misalnya aku telan sendirian, jadi aku akan ulas di blog kali ini. Mengingat saat ini kesadaran masyarakat mengenai perlindungan jiwa masih rendah. Terbukti dengan data dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) yang menunjukkan bahwa pada 2019, tingkat penetrasi asuransi jiwa di Indonesia baru mencapai 1,2% dibandingkan dengan total Produk Domestik Bruto (PDB). Angka ini masih tertinggal dari negara-negara lainnya seperti Korea Selatan (8,4%), Jepang (6,2%), dan Tiongkok (2,8%).



PRUCinta, Asuransi Jiwa Berbasis Syariah by Prudential

Jadi guys, dilandasi oleh kebutuhan keluarga Indonesia dalam mengelola kesejahteraan mereka, pada 03 Maret 2020 Prudential meluncurkan Asuransi Syariah PRUCinta. PRUCinta inu membawa sejumlah keunggulan seperti santunan meninggal yang lebih optimal, kehadiran PRUCinta menegaskan komitmen kuat Prudential Indonesia selama hampir 25 tahun dalam mendengarkan, memahami dan mewujudkan berbagai kebutuhan perlindungan nasabah dan masyarakat Indonesia, baik yang berbasis konvensional maupun syariah. 

Mengikuti tren permintaan atas produk keuangan berbasis syariah yang terus meningkat, Prudential Indonesia memperluas portofolio perlindungan berbasis syariah untuk semua (sharia for all) dengan menghadirkan Asuransi Syariah PRUCinta. Solusi terbaru ini adalah bentuk warisan cinta nasabah terhadap orang-orang terkasih karena hanya cinta yang dapat hidup selamanya. 


Pentingnya Membuka Polis Asuransi Syariah PRUCinta

Menurut OJK, masyarakat Indonesia yang memiliki tujuan keuangan fokus semata-mata untuk memenuhi kebutuhan harian mereka, dan hanya 1,5% yang mempersiapkan dana darurat. Tentunya hal ini sangat berisiko untuk keberlangsungan keluarga. Karena jika terjadi sesuatu yang mendesak, seperti musibah kehilangan sumber pendapatan utama, maka jangka waktu ketahanan keuangan mereka relatif lemah. Hampir tiga dari empat orang (72,1%) mengakui hanya mampu bertahan kurang dari tiga bulan, bahkan sebagian diantaranya tidak lebih dari satu bulan. 

Seperti yang udah aku bilang tadi tentang kesadaran masyarakat yang rendah. PRUCinta lahir di tengah minimnya pemahaman pengelolaan keuangan masyarakat Indonesia, khususnya pada produk-produk asuransi syariah. Faktanya, indeks literasi asuransi syariah hanya 2,51% dan inklusi asuransi hanya 1,92%. Selain itu, berdasarkan data AAJI kuartak tiga, tercatat ada 17,8 juta peserta asuransi jiwa individu, namun hanya 1,3 juta orang yang memiliki polis syariah. Padahal asuransi jiwa merupakan instrumen investasi penting ubtuk mengantisipasi risiko meninggalnya sumber pendapatan utama keluarga yang dapat terjadi kapan saja serta dapat memengaruhi kesejahteraan keluarga.

Berbagai pakar finansial menyarankan bahwa tiap keluarga perlu menyiapkan dana darurat untuk kondisi mendesak dan tak terduga, seperti meninggalnya sumber penghasilan utama. Dana ini harus dengan mudah dicairkan dan mencakup minimal total pendapatan rumah tangga selama satu tahun.

Demi melindungi ketahanan keuangan keluarga yang ditinggalkan, PRUCinta memberikan manfaat sebagai berikut :
  1. Manfaat santunan meninggal dunia dari Dana Tabarru yang lebih optimal selama 20 tahun dengan pembayaran kontribusi selama 10 tahun.
  2. Manfaat jatuh tempo berupa nilai tunai dari Dana Nilai Tunai yang dimaksimalkan setara 100% kontribusi yang telah dibayarkan jika tidak ada klaim selama masa kepesertaan.
  3. Manfaat 3x santunan asuransi meninggal akibat kecelakaan dan 4x santunan asuransi meninggal dari Dana Tabarru dalam periode enam minggu sejak tanggal 1 Ramadhan yang ditetapkan oleh pemerintah sesuai ketentuan polis. 


Cinta Hidup Selamanya, Kita Tidak

Pastinya kita memiliki orang-orang yang sangat kita sayangi. Kita akan melakukan segala cara demi membuat orang-orang yang kita sayangi hidup bahagia, termasuk di bidang finansialnya. Tapi apakah terfikir oleh kita, bagaimana jika kita terlebih dulu meninggalkan mereka untuk selama-lamanya? Terlebih jika kita selama ini menjadintulang punggung keluarga. Bagaimana kehidupan mereka setelah kepergian kita. 

Itulah pentingnya untuk mempersiapkan secara maksimal demi kesejahteraan hidup orang-orang terkasih. PRUCinta bisa menjadi salah satu media atas perasaan cinta kita kepada mereka dengan memberikan perlindungan yang besar dan nyata. 


17 komentar:

  1. Edukasi yang baik, syariah akan membuat kenyamanan bagi yang meyakininya.
    Cinta akan membuka segalanya, bahkan demi orang yang akan ditinggalkan. Kepastian ada didepan mata dan kita yang membuatnya lebih pasti.

    BalasHapus
  2. Tulisannya sangat informatif. Dan mkita memang harus mengambil sikap preventive dengan menyiapkan asuransi ya

    BalasHapus
  3. setiap keluarga butuh dana darurat dan dana proteksi
    dan kalau keduanya udah ada, bisa dibilang aman deh

    BalasHapus
  4. Semakin meyakinkan saya arti pentingnya sebuah proteksi terutama untuk orang-orang tersayang.

    BalasHapus
  5. Memiliki proteksi untuk keluarga tercinta itu memang perlu ya mbak, untuk jaga-jaga kalau ada yang sakit, kita ga kaget dengan iuran RS

    BalasHapus
  6. Menarik ya PRUCinta nih. Bayar kontribusinya 10 tahun, tapi dapat perlindungan 20 tahun. Jadi kepikiran punya proteksi jiwa.. :)

    BalasHapus
  7. Prucinta ini miliki unggulan dalam santunan untuk meninggal yang lebih optimal ya kak, karena org yg kita sayangi itu sangatlah penting

    BalasHapus
  8. Mumpung masih hidup, mumpung masih kuat dan sehat, memang mesti segera bersiap-siap. Termasuk nyiapin proteksi buat keluarga :)

    BalasHapus
  9. Asuransi ini emang salah satu hal penting banget nih buat kita, apalagi kita gak tau apa yang terjadi ke depannya, penting banget buat punya proteksi atas segala hal yang terjadi sama kita. PRUCinta ini kayaknya bisa nih kujadikan pilihan buat jadi asuransi jiwa untukku dan keluarga biar kami terjaga

    BalasHapus
  10. Sedih juga ya kalau membahas seputar usia yang kita tak pernah tau kapan berhentinya. lalu akan kembali bertanya, sudah nyiapin apa untuk orang-orang tercinta. Makin sesek deh rasanya. Mulai dari sekarang harus dipikirkan untuk memiliki proteksi ya.

    BalasHapus
  11. bener banget cinta bisa selamanya tapi kita sebagai manusia tidak, lantas bagaimana agar cinta kita bisa terus melindungi dan mghidupi mereka

    BalasHapus
  12. PRUCinta ini bisa jadi bukti cinta kita untuk orang-orang tersayang ya mbak, karena kita ga tahu kedepannya akan seperti apa

    BalasHapus
  13. Aku punya banyak cita2 tapi ga satupun kesampaian hehehhe.. dengan PRU cinta jadi bukti cinta untuk mengantisipasi keadaan yg kita ga tahu di masa mendatang yah . Bagus Banget ini

    BalasHapus
  14. Memang mesti mikirin orang tersayang sampai jauh ke depan. Perlindungan secara financial juga.

    BalasHapus
  15. wah bener banget nih, dana darurat sangat perlu, karena buat jaga-jaga juga.

    BalasHapus
  16. Produk yang bagus banget mengenai prucinta yah dan makin banyak produk prudential

    BalasHapus
  17. Iya nih,bagus yah programnya pridential. Makasih Kal infonya ya.

    BalasHapus

Follow Kal di @kalenaefris