Minggu, 29 Maret 2020

Begini Pemandangan Indah di Kawasan Wisata Gunung Bromo yang Harus Kamu Kunjungi


Indonesia adalah negara dengan sejuta keindahan alam yang luar biasa. Aku yakin kamu bakal setuju dengan peryataan barusan. Yaaa khann? Keindahan ini tersebar ke seluruh penjuru negara, mulai dari Sabang sampai Merauke. Karena keindahan alam ini, Indonesia semakin sering dikunjungi oleh para traveller yang mencari spot-spot pemandangan terindah di dunia.

Pict : Gunung Bromo

Ada banyak tempat wisata alam yang bisa dikunjungi di Indonesia, salah satu yang paling terkenal adalah objek wisata alam Gunung Bromo. Udah banyak banget yang mengetahui bahwa Gunung Bromo adalah salah satu gunung api yang masih aktif di Indonesia sampe saat ini. Tetapi karena masih aktif inilah yang membuat banyak orang penasaran dan mulai mengunjungi Bromo.

Gunung yang memiliki ketinggian 2329 meter di atas permukaan laut ini di kelilingi oleh awan-awan yang mengelilingi gunung. Dari atap penanjakan objek wisata Gunung Bromo ini kamu juga bisa melihat keindahan Gunung Semeru dan terbitnya matahari dari ufuk timur. Sebagai orang yang suka banget cekrak-cekrek, tentu kesempatan ini sangat perlu diabadikan sebagai koleksi galeri dan sosial media karena di waktu ini kamu akan disajikan dengan pemandangan eksotis yang sangat instagramable. Kalo istilah jaman now mah rugi wehh kalo ga poto :v

Tidak hanya pemandangan alamnya. Kawasan Bromo juga memiliki budaya lain yang akan melengkapi wisata kamu. Salah satu budaya yang terkenal adalah budaya Yadnya Kasada. Yadnya Kasada adalah festival tahunan yang berisi persembahan yang dibuang ke Kawah Bromo sebagai ungkapan rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Jika kamu ingin mengunjungi kawasan wisata Gunung Bromo ini, maka kamu wajib melakukan penanjakan atau pendakian. Biasanya pendakian ini akan dimulai sekitar pukul 03.00 dini hari untuk mengejar indahnya sunrise atau terbitnya matahari yang sangat indah. Pada saat matahari terbit inilah waktu yang cocok untuk melakukan fotografi maupun videografi.

Jika kamu berpikir wisata alam di dataran tinggi hanya pendakian, maka kamu perlu mencoba ke kawasan Bromo ini. Di kawasan ini kamu akan menemukan banyak hal lain selain pendakian Gunung Bromo. Apa saja hal lain yang ada di kawasan Gunung Bromo? Berikut beberapa poin tentang wisata lain yang ada di Bromo, Jawa Timur.


Bukit Teletubbies

Jika kamu pernah menonton serial anak Teletubbies, tentu kamu akan teringat dengan bukit hijaunya yang khas. Bukit ini bisa kamu temukan di kawasan wisata Gunung Bromo. Bukit-bukit ini ternyata bisa kamu temukan di Bromo, lho. Di sini kamu akan menemukan banyak bukit dengan rumput hijau mempesona yang bisa dijadikan sebagai spot foto kamu.

Pict : Bukit Teletubbies

Gurun Pasir

Di daerah Bromo juga terdapat gurun pasir yang menjadi salah satu tempat favorit pengunjung. Gurun ini dinamakan dengan Pasir Berbisik. Kawasan ini dipenuhi oleh pasir-pasir yang sangat luas. Bahkan gurun ini pernah menjadi latar dari film Pasir Berbisik yang membuat kawasan ini menjadi sangat terkenal.

Ada satu hal menarik yang ada di gurun ini, yaitu ada sebuah tempat yang digunakan untuk ibadah atau sembayang Suku Tengger. Suku Tengger sendiri adalah suku asli di Jawa Timur yang mendiami kawasan wisata Gunung Bromo. Suku inilah yang mengadakan acara tahunan festival Yadnya Kasada.

Pict : Pasir Berbisik

Dari penjelasan di atas tentu kawasan Bromo merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Yaa khaan? Hehehe. Untuk tiket masuk sendiri, kamu hanya perlu membayar Rp.29.000 saja di hari biasa dan Rp.39.000 di hari libur. Di sini kamu juga bisa menyewa beberapa kendaraan, seperti kuda, sepeda, dan jeep dengan kisaran harga Rp.1.500 sampai Rp.10.000 per tiketnya.

Sooo itulah penjelasan singkat aku mengenai kawasan wisata Gunung Bromo yang sudah terkenal di masyarakat lokal dan mancanegara. Jika kamu ke sini pastikan kamu membawa syal, jaket, dan masker karena tempat ini dingin bangett dan berisi pasir yang bisa saja membuat kamu tersedak maupun sesak napas. Selamat berwisata, gaesss!! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Kal di @kalenaefris