Sabtu, 24 November 2018

Bersama MyArafah, Menabung Haji Jadi Lebih Mudah

Talkshow MyArafah di Summarecon Mall Bekasi
Saat kecil, ibuku mengajar ngaji untuk ruang lingkup kecil, yaitu aku dan anak-anak tetangga sekitar rumah. Ibu mengajariku mengaji, sholat, menceritakan tentang nabi dan rasul, hingga Rukun Iman juga Rukun Islam. Pada Rukun Islam yang kelima, kami dijelaskan tentang berhaji serta asal muasal berhaji. Ibu mencerikan kisah Nabi Ibrahim, Siti Hajar, serta Nabi Ismail kecil yang menjadi salah satu dari latar belakang proses atau tahapan berhaji.
Ketika masuk SMP, aku beralih mengaji ke TPA. Disana penjelasan menjadi lebih rinci. Selain berhaji, ada juga istilah umroh dimana sebagai umat Islam, anak kecil seperti kami saat itu sudah memimpikan untuk bisa mengunjungi baitullah setidaknya sekali seumur hidup.



Semua Umat Muslim Ingin Mengunjungi Baitullah

Seperti kita ketahui, ibadah haji merupakan penyempurna rukun islam. Namun karena besarnya biaya haji dimana biaya haji mengikuti nilai dollar (nilai rupiah lebih kecil dibanding nilai dollar), tidak semua orang bisa naik haji di usia muda. Lihat saja ketika musim haji tiba, kita melihat jemaah haji didominasi oleh orang-orang yang berusia senja.
Kini, semakin banyak orang yang ingin naik haji, dan ini mengakibatkan antrian haji mengular menjadi bertahun-tahun. Semakin lama mendaftar haji, maka semakin lama rukun islam kelima terealisasi, juga semakin tua usia kita untuk berkunjung ke baitullah. Belum lagi membayangkan kesehatan tubuh yang saat tua nanti tidak prima seperti saat masih muda.
Ada juga pilihan untuk mengunjungi baitullah selain berhaji, yaitu umroh atau biasa disebut haji kecil. Jika ibadah haji hanya bisa dilakukan setahun sekali yaitu di bulan Dzulhijah pada kalender Islam, umroh bisa dilakukan setiap saat diluar musim haji, asalkan memiliki cukup uang untuk biaya perjalanan hingga kebutuhan lainnya yang menjadi penunjang kelancaran umroh.
Pertanyaan yang sering timbul bagi kaum milenial masa kini adalah "Bagaimana cara menabung haji/umroh untuk generasi muda yang masih memiliki kebutuhan serta gaya hidup yang besar?"
Aku sempat mencari tahu informasi tentang biaya haji/umroh ini, hingga mencari tahu jasa travel  agent yang bisa dipercaya, mengingat berita-berita tentang agen travel haji/umroh yang ketahuan menggelapkan uang dan menelantarkan jemaah hajinya membuat aku was-was dan lebih hati-hati dalam memilih jasa pelayanan haji/umroh ini.

Doa agar diberi kesempatan berhaji
"Rabbanaa taqabbal minna innaka antassamii'ul 'aliim. rabbanaa waj'alnaa muslimaini laka wa min dzurriyyatinaa ummatam muslimatal laka wa arinaa manaa sikanaa wa tub 'alainaa innaka antat tawwaabur rahiim." (Surat Al-Baqarah ayat 127-128)"

Artinya : 

"Ya Tuhan kami, semoga Engkau menerima (amalan ibadah kami), sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Ya Tuhan kami, semoga Engkau berkenan dapat menjadikan kami berdua (suami-istri) orang yang tunduk patuh kepada Engkau serta (menjadikan) di antara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau. Dan semoga Engkau selalu berkenan memberikan petunjuk kepada kami agar dapat menunaikan ibadah haji, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang"

Tabungan MyArafah, Ringankan Langkah ke Baitullah

Minggu lalu pada 17 November 2018, aku dan beberapa teman blogger diundang untuk menghadiri event bertema Dream Day 2018 di Mall Summarecon Bekasi, dimana ada yang menarik pada salah satu talkshownya, yaitu ketika ibu Yuliana Fitri dari CFS Syariah Maybank menjelaskan tentang MyArafah dari Maybank Syariah sebagai tabungan haji masa kini. 
Tabungan MyArafah merupakan tabungan dengan akad Mudharabah Mutlaqah untuk merencanakan ibadah Haji Regular atau umrah sesuai keinginan nasabah, dimana sistem setorannya bisa sistem setoran bebas atau bulanan dalam mata uang rupiah atau dollar USD.
Manfaat dan keuntungan Tabungan MyArafah :
  1. Bebas biaya administrasi bulanan
  2. Setoran awal yang ringan, yaitu mulai dari Rp.100.000 atau 10 USD.
  3. Pembukaan tabungan atau pendaftaran porsi haji dapat dilakukan di seluruh kantor cabang Maybank di seluruh Indonesia.
  4. Pasti mendapatkan porsi haji melalui sistem komputerisasi terpadu (SISKOHAT) dari Kementerian Agama Republik Indonesia (untuk yang melakukan setoran pembukaan biaya pendaftaran Rp.25juta), dan pasti mendapatkan hasil yang kompetitif.
  5. Dilengkapi kartu ATM / Debit berlogo Mastercard dengan teknologi chip sehingga lebih aman dan terhindar dari terjadinya skimming atau penyalinan data di kartu magnetik.


MyArafah bisa menjadi jembatan bagi generasi milenial untuk mewujudkan keinginan beribadah haji dengan membuka tabungan haji MyArafah. Ditambah dengan informasi bahwa usia 12 tahun sudah boleh mendapatkan kursi haji menjadi angin segar bagi keluarga muda yang ingin anak-anaknya ikut serta menabung untuk naik haji sedini mungkin.

Talkshow ini sangat sejalan dengan keinginan generasi milenial seperti aku yang ingin menabung haji sejak awal. Mengingat saat ini 75 persen orang yang membuka tabungan haji berada di usia 40 tahun. Sehingga jika masa tunggu haji 20 tahun, maka usia penabung haji tersebut sudah 60 tahun.

Merencanakan haji dan umrah sejak dini dengan menabung rutin 100.000 setiap bulan atau membuka tabungan MyArafah dengan setoran Rp 25juta untuk mendapat kursi haji adalah pilihan tepat jika ingin naik haji sebelum menginjak usia senja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Kal di @kalenaefris