Senin, 24 Januari 2022

Traveling Gak Perlu Mahal dengan Tips Traveling Berikut Ini!

Siapa sih yang gak mau jalan-jalan tanpa harus ngeluarin duit banyak? Kali ini kamu gak perlu bayar mahal agar bisa liburan ke mana-mana. Tentunya dengan tips traveling yang hemat berikut ini.



Pernah denger cerita dari backpacker? Gimana bisa dengan budget minim mereka dapat berkeliling ke tempat-tempat yang seharusnya menghabiskan uang banyak. Kalau Kamu ingin mencobanya, ikuti panduan cara traveling murah di bawah ini.


1. Riset Tujuan Traveling

Terserah Kamu mau kemana traveling kali ini, yang terpenting Kamu harus tahu apa aja yang ada di sana dan bagaimana untuk bisa sampai di tempat itu.

Riset ini bagian dari penentuan rencana traveling yang terukur. Jadi, jangan asal-asalan. Hal-hal yang perlu Kamu tahu sebelum berangkat meliputi barang bawaan, budget, waktu, lokasi, tranportasi, akomodasi, dan channel.

Tapi kalau Kamu pakai jasa travel atau paket liburan murah, mungkin riset anggaran selama traveling saja sudah cukup.


2. Cari Promo Tiket / Travel

Namanya juga pengen yang murah, jadi kesempatan promo diskon jangan sampai ketinggalan. Coba cari informasi tiket pesawat, kereta, atau kapal yang sedang ada promo. Kamu bisa membidiknya sejak jauh-jauh hari sebelum berangkat.

Tapi, usahakan jangan traveling ketika masa liburan. Sudah pasti bukan hanya tiket yang mahal, tapi tarif di lokasi trip juga bakal naik.

Gak hanya tiket transportasi, Kamu juga bisa cari kesempatan buat ikutan event-event travel yang biasa diselenggarakan oleh maskapai, hotel, biro, atau lainnya.


3. Traveling Rame-rame

Kebayang kan kalau solusi traveling murah itu salah satunya ajakin banyak orang. Mau pacar, teman, keluarga, atau komunitas, terserah! Kamu juga bisa ikut program open trip kalau mau traveling murah sambil ketemu banyak teman baru. Program ini bisa kamu searching di sosmed atau internet. Biasanya banyak yang nawarin ketika jelang liburan.

Kalau sulit nyari program tersebut, Kamu bisa membuat agenda serupa dengan teman-teman komunitas Kamu. Itung-itung sebagai bahan untuk membuat kenang-kenangan bersama.


4. Menginap di Homestay

Mau traveling yang survive jangan terpaku sama fasilitas mewah. Homestay adalah pilihan akomodasi yang hemat daripada Kamu nginap di hotel, wisma, atau sejenisnya. Bisa jadi pemilik homestay akan ngasih keringanan buat Kamu. Lumayan kan!


5. Menggunakan Rental Jika Memiliki Destinasi yang Banyak

Di tempat-tempat traveling, rental mobil dan motor cenderung lebih banyak dibanding daerah lainnya. Untuk destinasi yang bisa dijangkau oleh transportasi umum, menggunakan transportasi umum bisa menjadi opsi karena lebih murah.


Tetapi jika lokasi yang didatangi ada banyak dan jaraknya berjauhan, merental mobil atau motor bisa menjadi opsi. Kamu bisa ajak teman supaya bisa patungan dan biaya rental jadi lebih murah.


Seperti beberapa waktu lalu saat aku ke Jogja dan merental motor seharga 75.000 dan mengisi bensin 20.000. Karena berdua jadi kami patungan hanya 42.500/orang untuk keliling Jogja dan pinggiran Jogja.


6. Manfaatkan Fasilitas Umum

Gak usah gengsi! Lazimnya kalau traveler itu mereka yang bisa manfaatin apa yang ada disekitarnya semaksimal mungkin, sekalipun latar belakang mereka sebenarnya mampu lebih baik. Kamu bisa cari masjid untuk istirahat, angkringan untuk ngopi dan wifian, atau warung untuk makan dan charger HP.


7. Cari Channel di Area Traveling

Kalau Kamu punya kenalan di lokasi tujuanmu, itu bagus! Sebab Kamu bisa cari informasi lengkap yang bisa bantu Kamu selama traveling. Atau paling tidak Kamu punya channel traveler yang pernah ke lokasi yang sama. Dengan begitu Kamu bisa tanya banyak hal, seperti tempat penginapan murah, transportasi lokal, titik-titik yang menarik untuk dikunjungi, dan lainnya.


Bisa keliling ke berbagai destinasi wisata favorit bukan tidak mungkin bisa kita jangkau dengan budget murah. Asal, Kamu bersedia traveling dengan cara yang sederhana dan gak muluk-muluk. Intinya Kamu harus pandai menyusun rencana traveling atau tour murah.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Kal di @kalenaefris