Jumat, 10 September 2021

5 Tips Bijak Mengatur Uang Bulanan

Beberapa waktu lalu rame di media sosial tentang orang-orang yang kesulitan mengelola keuangan, terlebih di masa pandemi.

Dulu di masa sebelum pandemi, orang-orang bisa menghabiskan gaji bulanannya tanpa mengatur pengeluaran dan pemasukan. Banyak yang mengeluhkan tentang gaji bulanan yang hanya bisa dinikmati selama beberapa hari saja.

Sebetulnya mengatur keuangan tidak hanya dilakukan di masa pandemi. Memang pandemi Covid-19 ini membuat kita menjadi harus memperhitungkan pemasukan dan pengeluaran dengan sangat jeli. Apalagi untuk beberapa orang yang selama pandemu mengalami penurunan gaji / penghasilan setiap bulannya. Mengatur keuangan sudah harus ditanamkan di diri kita, terlepas itu di masa pandemi atau tidak. 

Ngomongin tentang mengatur gaji bulanan, beberapa waktu yang lalu aku mendapatkan insight tentang bagaiman mengatur keuangan yang baik supaya gaji bulanan tetap aman hingga akhir bulan.




Menurut M. Kharisma selaku Co-Founder Sipundi.id, beberapa cara tersebut yaitu sebagai berikut :

1. Menggunakan metode 50-30-20 untuk mengelola gaji.
Metode 50/30/20 adalah salah satu metode budgeting yang bisa membantu kita mengelola gaji bulanan. Metode ini memaparkan masing-masing gaji dialokasikan sebesar 50% untuk keperluan, 30% untuk gaya hidup, dan 20% untuk tabungan jangka panjang. 

Dengan metode ini, kita bisa membagi secara ideal pengeluaran untuk keperluan sehari-hari sambil menabung. Di samping metode ini, konsistensi selalu menjadi kunci keberhasilan pengelolaan gaji. Pastikan metode ini tak hanya diterapkan pada bulan pertama, melainkan dipertahankan pada bulan-bulan berikutnya.

2. Membuat Anggaran Bulanan
Untuk mulai membuat anggaran bulana, kita bisa membuat daftar pengeluaran bulanan untuk kebutuhan menjadi dua bagian. Untuk kebutuhan primer seperti makan, ongkos bekerja, tagihan listrik, cicilan rumah, cicilan motor dan lain sebagainya.
Sedangkan untuk kebutuhan tersier, buatlah anggaran untuk shopping, traveling, hingga anggaran hangout dengan teman-teman atau rekan kerja.

3. Mengatur Pengeluaran
Pengeluaran menjadi hal yang tidak terelakkan dalam manajemen finansial. Kita harus memperhatikan pengeluaran yang selama ini telah kita lalukan. Cek apakah termasuk sehat atau tidak. Tanda keuangan sehat adalah jika pengeluaran tidak lebih besar dari pendapatan. 

Mengatur uang memang gampang-gampang susah. Semuanya tergantung diri sendiri. Ada banyak godaan setelah gajian saat ini. Apalagi di era belanja online dengan segudang promo seperti gratis ongkir, paylater, flash sale, cicilan 0% dan lain sebagainya.

Oiya, mengatur pengeluaran dengan baik bukan berarti kita tidak bisa menikmati hidup dengan gaji yang kita dapatkan. Kita tetap perlu dan wajib untuk menikmati hidup, namun semua itu tentu harus sesuai dengan kemampuan. Belilah barang yang kita butuhkan, namun jangan turuti semua keinginan hanya karena gengsi semata.

4. Memiliki Asuransi
Dengan asuransi, kita bisa memproteksi keadaan finansial saat hal-hal tak terduga terjadi. Kita tidak akan pernah tahu kejadian di masa depan, jika tiba-tiba mengalami sakit atau kecelakaan dan butuh uang dalam jumlah besar untuk berobat.

Ada beragam jenis asuransi. Asuransi yang paling penting untuk dimiliki antara lain asuransi kendaraan (asuransi mobil), asuransi perjalanan, asuransi rumah, asuransi kesehatan, hingga asuransi jiwa. Salah satunya, dengan perlindungan dari FWD.



Insurance yang kita miliki bisa #BebaskanlangkahBerani untuk mengejar passion tanpa perlu khawatir. Ini cocok banget untuk aku yang memiliki hobi yang terbilang ekstrem seperti mendaki gunung. Untuk asuransi ini kita bisa memilih mulai dari asuransi kesehatan, jiwa atau kecelakaan diri.

Saat ini pembelian produk Asuransi FWD Insurance berhadiah diskon langsung premi/kontribusi 30%, khusus untuk pembelian/kepesertaan produk asuransi: FWD Cancer Protection, Bebas Rencana, Asuransi Bebas Handal & Bebas Aksi (tidak termasuk Bebas Aksi Flash) di ifwd.co.id dan nomor undian #ProteksiOn Lucky Draw untuk setiap kelipatan Rp 100.000,00 dari premi/kontribusi yang dibayarkan pada saat periode program “Promo Flash Sale 9.9” tanggal 9 September – 10 September 2021.

Info lebih lanjut silahkan mengunjungi website ifwd.co.id.


5. Investasi
Setelah menyisihkan untuk tabungan dan gaji bulanan pada kebutuhan sehari-hari, namun masih ada kelebihan dana dari gaji tersebut. Kita sebaiknya menggunakan dana tersebut untuk investasi dengan mengikuti Asuransi, Reksa Dana, maupun membeli emas ataupun perhiasan dengan nilai jual tinggi.

Investasi ini berbeda dengan menabung, jika menabung, kita bisa mengambilnya setiap saat. Di Investasi, uang yang disimpan dalam bentuk lain dan tidak bisa diambil kapanpun sesuai keinginkan.

Cara ini ga hanya membuat uang diam di tempat, namun juga dapat menguntungkan kita di masa depan. Kita bisa menyiapkannya dengan mulai berinvestasi, Salah satunya melalui asuransi.

Yuk saatnya kita mengaktifkan FWD #ProteksiOn Lucky Draw! Siapkan perlindungan dengan beli produk asuransi FWD yang termasuk dalam program dari 26 Juli-31 Desember 2021 dan raih kesempatan menang Grand Prize Mobil Toyota Raize, Sepeda Brompton, iPhone 12 Pro, exclusive Workshop/Class with Expert serta hadiah menarik lainnya!

Selain mendapatkan asuransi, kita berhak mendapatkan 1 nomor undian untuk nasabah baru dan 2 nomor undian untuk nasabah existing di setiap Rp 100.000,00 (seratus ribu rupiah) premi/kontribusi yang dibayarkan (berlaku kelipatan), selama periode kegiatan 26 Juli - 31 Desember 2021. 

Pilih produk asuransi dari FWD Insurance sesuai kebutuhan melalui jalur Keagenan: FWD Critical Armor, Asuransi Bebas Rencana Optimal, FWD Legacy Protection dan Asuransi Bebas Handal. Cari tahu syarat & ketentuan program di sini https://www.fwd.co.id/proteksion.

Sebanyak apapun uang yang kita miliki, gak akan membuat kaya apabila kita gak menerapkan prinsip hidup bersyukur dan bijak mengelola uang.

Kebiasaan baik mengelola uang gajian ini adalah hal yang harus kita miliki. Jika ingin memiliki masa depan dengan keuangan yang sehat dan lebih baik dari kehidupan saat ini, yyk mulai bijak atur uang untuk masa depan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Kal di @kalenaefris