Minggu, 16 Mei 2021

Engangement Session With FWD Blogger Squad

Beberapa waktu belakangan ini aku tergelitik karena banyaknya pro kontra terhadap penting atautidaknya  asuransi. Bahkan ga sedikit yang belum melek asuransi. 


Yapp! tabungan dan investasi menjadi bagian dari perencanaan keuangan yang selalu diucapkan oleh financial planner. Namun faktanya masih banyak orang yang hanya fokus menabung, dan tidak memiliki anggaran khusus untuk asuransi.


Padahal kita tahu sendiri jika kehidupan kita dipenuhi banyak kemungkinan dan ketidakpastian. Kita tidak bisa memprediksi kemungkinan  apa yang akan terjadi di esok hari. Bisa saja hari ini kita sehat, besok tiba-tiba sakit dan membutuhkan banyak biaya untuk berobat. Di kondisi seperti inilah kita merasakan betapa besar manfaat asuransi. Asuransi hadir untuk kita jaga-jaga jika suatu saat terjadi sesuai yang tidak diinginkan. 




Ngomongin tentang pentingnya asuransi, aku jadi throwback ke internal briefing melalui zoom dengan FWD Blogger Squad di Tanggal 12 April 2021. Di internal briefing tersebut, para FWD Blogger Squad dibagi menjadi beberapa kelompok dan aku berada di kelompok dengan nama yang unik, yaitu "Kopi Dangdut" 😂.


Walaupun nama grup kami "Kopi Dangdut", kami ga ngopi-ngopi, joget-joget, atau nyanyi-nyanyi ya guys. Kami berdiskusi tentang asuransi secara umum, melihat seperti apa asuransi di mata masyarakat.


Disini kami merangkum beberapa persepsi positif dan negatif orang-orang terhadap asuransi, yaitu :

  • Klaim yang ribet dan susah
  • Asuransi kadang bikin kapok dan membingungkan untuk memilih, dan terkadang kurang mendapat informasi yang lengkap
  • Dipersulit saat ingin berhenti asuransi 
  • Terbatas, terutama untuk yang memiliki penyakit bawaan
  • Adanya oknum agen asuransi yang nakal sehingga membuat nasabah takut menggunakan asuransi
  • Takut karena asuransi bodong 
  • Proses yang terkadang cukup panjang untuk pencairan dana
  • Asuransi investasi terhadap hidup
  • Asuransi sangat dibutuhkan dan penting
  • Memastikan adanya perencanaan keuangan yang baik


Jika melihat dari perspektif tersebut, banyak orang memakan mentah-mentah stigma negatif terhadap asuransi dan menganggap ikut asuransi seperti buang-buang uang. Belum lagi ada kebutuhan primer yang bagi masyarakat saja sudah sulit untuk dipenuhi.



Dari diskusi tersebut, kita memahami bahwa literasi finansial merupakan bekal yang harus dimiliki setiap orang dalam menjalani kehidupan yang penuh hal tak terduga ini.


Mandiri Secara Finansial juga diperlukan untuk membantu kita memiliki pengelolaan keuangan yang baik, sehingga dapat membuat keputusan finansial yang cerdas. Oleh karena itu, selain kita perlu memperhatikan kesehatan fisik dan mental, penting juga untuk kita sehat secara finansial.


Hal ini bisa diwujudkan, salah satunya dengan menjaga kondisi keuangan tetap aman melalui proteksi yang disediakan oleh Asuransi. Asuransi merupakan produk keuangan yang berguna sebagai proteksi dan alat pengatur keuangan terbaik karena dianggap mampu menjaga kestabilan finansial.


Ada berbagai jenis asuransi yang bisa dipilih sesuai keperluan, mulai dari asuransi jiwa, kesehatan, perjalanan, hingga pendidikan. Sebelum memilih asuransi, ada baiknya kita pelajari dulu tentang asuransi tersebut karena masing-masing asuransi memiliki tujuan dan premi yang berbeda-beda. Ini gunanya untuk menghindari kesalahpahaman di masa mendatang.


Kita bisa membuka asuransi di FWD Insurance , dengan menyesuaikan dengan kebutuhan kita. Contohnya seperti Asuransi Bebas Handal , yaitu asuransi kesehatan yang menawarkan manfaat rawat inap termasuk biaya kamar, biaya  dokter, obat-obatan, perawatan setelah rawat inap dan biaya tindakan bedah, dengan  pilihan kontribusi mulai dari Rp75 ribu dan pilihan manfaat hingga Rp. 100 juta.


Untuk pembeliannya bisa dibeli secara online di ifwd.co.id dan ada hal yang menarik jika kita membeli asuransi di FWD Insurance. Ada yang namanya aplikasi FWD Max disana kita bisa mendapatkan info menarik lalu banyak program reward lainnya hanya tinggal Download FWD Max . So, tunggu apa lagi yuk download aplikasinya dan rayakan hidup jadi lebih berwarna. Jangan lupa follow Instagram FWD @fwd_id ya!.


11 komentar:

  1. Daku juga pernah mendengar itu stigma negatif tentang asuransi. Namun berangsur2 sudah lebih baik, karena pada dasarnya kita butuh asuransi juga

    BalasHapus
  2. Eh iya loh. Kalo bicara asuransi aku juga khawatir terjebak asuransi bodong atau yang klaimnya susah. Kalo di FWD gampang ya klaimnya?

    BalasHapus
  3. Aku sih ngerasa kebantu banget ada asuransi, tapi tetep harus teliti sebelum mengambil keputusan pilihan supaya gak kejebak bodong. Salut sama FWD yang berani jamin kenyamanan dan keamanannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Mba Lia, jujur aja aku suka khawatir gitu sama perusahaan-perusahaan yang mengatasnamakan asuransi yah. Intinya harus saling menguntungkan antara nasabah dan pihak asuransi ya.

      Hapus
  4. Kalau buatku yg paling penting asuransi kesehatan, tapi milihnya harus hati-hati memang. Kalau FWD ini bisa diakses kapan aja dan transparan jadi bikin orang ga parno ya

    BalasHapus
  5. Jujur nih ya. Dulu aku agak meremehkan mengenai asuransi ini. Banyak kabar-kabur sih yang aku dengar. Tapi ternyata ada asuransi yang benar-benar kita butuhkan kayak asuransi kesehatan, pendidikan dan hari tua. Jadi harus benar-benar pilah-pilih sih

    BalasHapus
  6. Iya kalau dikejar-kejar agen asuransi gitu kitanya jadi takut ya. Lebih baik kenalkan asuransi dengan cara lain misalnya melalui event talkshow tentang kesehatan.

    BalasHapus
  7. diriku pribadi sih ngerasa kalau asuransi itu penting banget ya. karena kita ngga pernah tahu bagaimana kehidupan di masa mendatang, baik segi kesehatan maupun finansial

    BalasHapus
  8. yes setuju, baiknya memperkenalkan asuransi dengan cara yang sopan, baik dan benar, biar gak kayak ketakutan gitu, karena asuransi penting juga

    BalasHapus
  9. Literasi finansial itu penting, termasuk juga memahami fungsi asuransi sekaligus mempelajari produk yang sesuai kebutuhan. Bukan berarti semua asuransi harus diikuti, yang penting-penting aja😁

    BalasHapus
  10. Penting banget ini ilmunya dan bekal perempuan untuk lebih maju mengurus keuangan keluarganya

    BalasHapus

Follow Kal di @kalenaefris