Rabu, 17 Juni 2020

Seperti Ini Eksotisme Stone Garden Geopark Citatah Bandung

Mengintip Keindahan Panorama Stone Garden Geopark Citatah Bandung! Indonesia terkenal dengan ribuan destinasi wisata yang menyenangkan. Ribuan tempat wisata ini berhasil menarik perhatian banyak traveller di seluruh dunia, baik lokal maupun mancanegara. Karena itulah wisata menjadi salah satu penghasilan utama Indonesia.

Indonesia adalah negara yabg memiliki beragam jenis tempat wisata, mulai dari wisata alam sampai wisata modern. Untuk wisata alam sendiri Indonesia memiliki kekayaan melimpah, seperti gunung, pantai, bukit, air terjun, dan tempat lainnya. Tetapi, ada salah satu wisata alam unik yang cukup terkenal di Indonesia, yaitu taman batu atau stone garden.

Salah satu taman batu yang terkenal adalah Stone Garden Geopark. Taman batu ini terletak di Puncak Gunung Pawon yang ada di kawasan Citatah, Bandung Barat. Taman batu ini mulai terkenal semenjak dijadikan lokasi film layar lebar Indonesia, yaitu Meet Me After Sunset. 

Tempat wisata ini dahulu bernama Pasir Pawon lalu diubah menjadi Stone Garden Geopark. Di tempat ini terdapat beberapa batu-batu besar yang tersebar di berbagai tempat. Uniknya dari tempat ini adalah kamu bisa menemukan beberapa fosil-fosil koral yang mengisyaratkan bahwa di zaman purbakala daerah Bandung merupakan lautan dangkal.

Sumber foto : instagram @ahmaddfajrii_

Apa Saja yang Ada di Stone Garden?

Objek wisata Stone Garden Geopark adalah salah satu situs purbakala di mana ditemukannya beragam fosil purba. Hal ini dibuktikan dengan adanya Gua Pawon yang terletak tepat di bawah Stone Garden. Di tempat ini pernah ditemukan berbagai fosil, seperti gerabah, tulang, peralatan batu, dan gigi binatang. Penemuan ini terjadi di tanggal 9 Desember tahun 2000.

Selain Gua Pawon, kamu juga bisa melihat aktivitas masyarakat yang sedang menambang kapur. Hal ini karena Gunung Pawon adalah salah satu gunung kapur yang ada di wilayah Bandung, Jawa Barat. Pertambangan ini sudah ada dan sudah lama beroperasi, tepatnya di abad ke-19.

Dibandingkan kedua hal tersebut, yang harus dan wajib kamu lakukan di Stone Garden Geopark ini adalah menikmati setiap pemandangan yang ada. Dari taman batu, kamu bisa melihat pegunungan yang indah dan batu-batu yang tersusun secara alami. Kamu juga bisa menjadikan tempat ini sebagai latar belakang foto kamu sebagai kenang-kenangan dan koleksi galeri. 

Tiket dan Fasilitas Stone Garden Geopark

Salah satu pendukung berkembangnya tempat wisata adalah tersedianya fasilitas yang memadai. Di kawasan wisata taman batu ini sudah menyediakan lahan parkir di bawah Gunung Pawon. Di halaman parkir ini terdapat beberapa penjual makanan, tempat ibadah, toilet, dan lain sebagainya.

Untuk menuju Stone Garden Geopark yang berada di puncak Gunung Pawon, kamu harus berjalan kaki mendaki gunung sejauh 1,5 kilometer. Kamu harus mendaki melalui jalan setapak untuk mencapai puncak.

Sumber foto : instagram @ahmaddfajrii_

Bagaimana dengan harga tiket masuk? Di kawasan Gunung Pawon ini terdapat dua wisata dalam satu kawasan, yaitu Stone Garden dan Gua Pawon. Setiap tempat ini memiliki harga tiket masing-masing yang bisa dipesan melalui loket yang sudah tersedia. Berikut adalah biaya tiket objek wisata dan harga parkirnya.

Parkir motor (roda dua) : Rp.5.000
Parkir mobil (roda empat) : Rp.10.000
Stone Garden : Rp.3.000
Gua Pawon : Rp.6.000

Itulah harga yang ditetapkan oleh pihak pengelola Stone Garden Geopark. Tetapi, harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu seiring perkembangan objek wisata.

Sekian penjelasan mengenai objek wisata Stone Garden Geopark yang ada di kawasan Citatah, Bandung Barat. Kamu bisa mengunjungi objek wisata ini baik di hari biasa maupun hari libur. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Kal di @kalenaefris